Saat ini, terdapat enam gunung berstatus siaga (level III) sementara 18 gunung lainnya berstatus waspada. Jumlah ini lumayan banyak dari 127 gunung aktif yang ada di Indonesia.


ENAM gunung yang berstatus siaga adalah Gunung Ijen, Gamalama, Papandayan, Karangetang, Lokon, dan Krakatau. Sedangkan 18 gunung yang berstatus waspada antara lain, Gunung Sundoro, Anak ranakah, Tambora, Lewotobi laki-laki, Soputan, Ibu, Lewotobi perempuan, Marapi, Bromo, Dieng, Gamkonora, Sinabung, Talang, Kerinci, Semeru, Sangeangapi, Dukono, Sorik Marapi.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (18/12/2011).

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan, terhitung 12 Desember 2011, pukul 16.00 Gunung Sorik Marapi dinaikkan statusnya dari Normal/Level I ke Waspada/Level II. Dalam status Waspada Sorik Marapi, masyarakat diharapkan tenang dan mengikuti arahan BPBD setempat. Masyarat diminta tidak mendekati dalam radius 1.5 Km dari kawah aktif. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar wilayah diminta agar tetap waspada.
Sumber: http://monitorindonesia.com/lingkungan/245-enam-gunung-status-siaga-masyarakat-harap-tenang.html

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar