Pertamax Wajib untuk Mobil Pribadi, Jumlah Motor Membengkak



Jika pemerintah mengeluarkan kebijakan penggunaan BBM pertamax untuk kendaraan pribadi per 1 April 2012, maka diprediksi jumlah sepeda motor yang beroperasi di jalan akan semakin bertambah. Pasalnya, masyarakat masih enggan menggunakan angkutan umum yang sampai saat ini kondisinya masih belum layak.

SAYA memprediksi, jumlah sepeda motor akan semakin meningkat, jika pemerintah jadi mewajibkan pengguna mobil pribadi menggunakan pertamax pada 1 April 2012,” ungkap Ketua Forum Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia Djoko Setijowarno, ketika berbincang dengan wartawan di Jakarta, Minggu (18/12/2011).
Djoko sangat yakin masyarakat pengguna mobil pribadi akan berpindah ke sepeda motor, bukan ke angkutan umum. “Masyarakat lebih memilih pindah ke sepeda motor karena kondisi angkutan umum masih belum layak. Artinya, selama angkutan umum masih seperti sekarang ini (tidak bagus), masyarakat orang tetap enggan. Mereka berpikir lebih baik naik angkutan pribadi.
Menurut Djoko, kondisi angkutan umum tidak hanya buruk, tapi juga jumlah armadanya yang sangat kurang dan terus menurun. Misalnya di Jakarta, jumlah armadanya hanya sekitar 2 persen saja dari jumlah kendaraan pribadi. Bahkan di luar Jakarta hanya 1 persen saja.


Begitu juga dengan Load factor (tingkat keterisian) angkutan umum, di luar Jakarta hanya berkisar antara 30-40 persen, sedangkan di Jakarta hanya sedikit lebih tinggi. “Belakangan ini, tren angka keterisian pun terus menurun. Apalagi, pemerintah belum memperlihatkan niat baiknya untuk memperbaiki kondisi angkutan umum,” ujarnya.

Sumber: http://monitorindonesia.com/component/content/article/39-ekonomi/248-pertamax-wajib-untuk-mobil-pribadi-jumlah-motor-membengkak.html

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar