RUU, Cyberlaw dan Tentang Tulisan IT Bebas

0 komentar

RUU, Cyberlaw dan Tentang Tulisan IT Bebas

1.  RUU 
Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.
Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE) mengatur berbagai perlindungan hukum atas kegiatan yang memanfaatkan internet sebagai medianya, baik transaksi maupun pemanfaatan informasinya. Pada UUITE ini juga diatur berbagai ancaman hukuman bagi kejahatan melalui internet. UUITE mengakomodir kebutuhan para pelaku bisnis di internet dan masyarakat pada umumnya guna mendapatkan kepastian hukum, dengan diakuinya bukti elektronik dan tanda tangan digital sebagai bukti yang sah di pengadilan.
Salah satu isi dari UU ITE ini adalah “mereka yang secara sengaja dan tanpa hak melakukan penyadapan atas informasi dan/atau dokumen elektronik pada komputer atau alat elektronik milik orang lain akan dikenakan hukuman berupa penjara dan/atau denda. Hal itu tertuang dalam Bab VII tentang Perbuatan Yang Dilarang, Pasal 31 ayat (1) dan (2)”.

2.  Cyberlaw
            Cyberlaw adalah hukum yang digunakan di dunia cyber (dunia maya), yang umumnya diasosiasikan dengan Internet. Cyberlaw dibutuhkan karena dasar atau fondasi dari hukum di banyak negara adalah "ruang dan waktu". Sementara itu, Internet dan jaringan komputer mendobrak batas ruang dan waktu ini .
yuridis, cyber law tidak sama lagi dengan ukuran dan kualifikasi hukum tradisional. Kegiatan cyber meskipun bersifat virtual dapat dikategorikan sebagai tindakan dan perbuatan hukum yang nyata. Kegiatan cyber adalah kegiatan virtual yang berdampak sangat nyata meskipun alat buktinya bersifat elektronik. Dengan demikian subjek pelakunya harus dikualifikasikan pula sebagai orang yang telah melakukan perbuatan hukum secara nyata.
Dari sini lahCyberlaw bukan saja keharusan, melainkan sudah merupakan kebutuhan untuk menghadapi kenyataan yang ada sekarang ini, yaitu dengan banyaknya berlangsung kegiatan cybercrime.



II.2 Ruang lingkup cyberlaw

Menurut Jonathan Rosenoer dalam Cyber Law – The Law Of Internet menyebutkan ruang lingkup cyber law :
1.Hak Cipta (Copy Right)
2.Hak Merk (Trademark)
3.Pencemaran nama baik (Defamation)
4.Hate Speech
5.Hacking, Viruses, Illegal Access
6.Regulation Internet Resource
7.Privacy
8.Duty Care
9.Criminal Liability
10.Procedural Issues (Jurisdiction, Investigation, Evidence, etc)
11.Electronic Contract
12.Pornography
13.Robbery
14.Consumer Protection
E-Commerce, E- Government

II.3 Topik-topik Cyber Law
Secara garis besar ada lima topic dari cyberlaw di setiap negara yaitu:
•Information security, menyangkut masalah keotentikan pengirim atau penerima dan integritas dari pesan yang mengalir melalui internet. Dalam hal ini diatur masalah kerahasiaan dan keabsahan tanda tangan elektronik.

•On-line transaction, meliputi penawaran, jual-beli, pembayaran sampai pengiriman barang melalui internet.

•Right in electronic information, soal hak cipta dan hak-hak yang muncul bagi pengguna maupun penyedia content.

•Regulation information content, sejauh mana perangkat hukum mengatur content yang dialirkan melalui internet.

•Regulation on-line contact, tata karma dalam berkomunikasi dan berbisnis melalui internet termasuk perpajakan, retriksi eksport-import, kriminalitas dan yurisdiksi hukum.

II.4 Asas-asas Cyber Law

Dalam kaitannya dengan penentuan hukum yang berlaku dikenal beberapa asas yang biasa digunakan, yaitu :
•Subjective territoriality, yang menekankan bahwa keberlakuan hukum ditentukan berdasarkan tempat perbuatan dilakukan dan penyelesaian tindak pidananya dilakukan di negara lain.

•Objective territoriality, yang menyatakan bahwa hukum yang berlaku adalah hukum dimana akibat utama perbuatan itu terjadi dan memberikan dampak yang sangat merugikan bagi negara yang bersangkutan.

•nationality yang menentukan bahwa negara mempunyai jurisdiksi untuk menentukan hukum berdasarkan kewarganegaraan pelaku.

•passive nationality yang menekankan jurisdiksi berdasarkan kewarganegaraan korban.

•protective principle yang menyatakan berlakunya hukum didasarkan atas keinginan negara untuk melindungi kepentingan negara dari kejahatan yang dilakukan di luar wilayahnya, yang umumnya digunakan apabila korban adalah negara atau pemerintah,

•Universality. Asas ini selayaknya memperoleh perhatian khusus terkait dengan penanganan hukum kasus-kasus cyber. Asas ini disebut juga sebagai “universal interest jurisdiction”. Pada mulanya asas ini menentukan bahwa setiap negara berhak untuk menangkap dan menghukum para pelaku pembajakan. Asas ini kemudian diperluas sehingga mencakup pula kejahatan terhadap kemanusiaan (crimes against
humanity), misalnya penyiksaan, genosida, pembajakan udara dan lain-lain. Meskipun di masa mendatang asas jurisdiksi universal ini mungkin dikembangkan untuk internet piracy, seperti computer, cracking, carding, hacking and viruses, namun perlu dipertimbangkan bahwa penggunaan asas ini hanya diberlakukan untuk kejahatan sangat serius berdasarkan perkembangan dalam hukum internasional.
Oleh karena itu, untuk ruang cyber dibutuhkan suatu hukum baru yang menggunakan pendekatan yang berbeda dengan hukum yang dibuat berdasarkan batas-batas wilayah. Ruang cyber dapat diibaratkan sebagai suatu tempat yang hanya dibatasi oleh screens and passwords. Secara radikal, ruang cyber telah mengubah hubungan antara legally significant (online) phenomena and physical location.

3. Tulisan Bebas

 

MANFAAT IT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN TANTANGAN IT UNTUK MASA DEPAN


MANFAAT IT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
IT atau mungkin lebih sering dikenal dengan Teknologi Informasi sudah sangat dekat bahkan menyatu dalam kehidupan sehari-hari manusia, karena dengan adanya Teknologi Informasi sema bisa berjalan dengan mudah dan cepat. Tanpa kita sadari, kita tidak akan bisa lepas dari IT sedetikpun.
Berikut adalah beberapa manfaat IT dalam kehidupan sehari-hari :
  
    1.       Memudahkan bagi kita untuk mendapatkan informasi
Untuk zaman sekarang jika ingin mendapatkan informasi tentang jadwal kereta api atau pesawat terbang, kita tidak perlu lagi susah-susah ke Bandara, kita hanya perlu mencari informasinya leat internet, bahkan pemesananpun bisa dilakukan secara online.
Segala bentuk informasi dapat didapakan secara mudah hanya dengan browsing internet.
2.     Mempermudah Komunikasi
Handphone sudah menjadi barang pokok bagi setiap orang, dengan adanya handphone kita akan mudah berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun kita berada.
Pada era tahun sebelum tahun milenium, komunikasi jarak jauh hanya dilakukan menggunakan surat. Misalnya hari senin kirim surat, 1 minggu kemudian surat baru sampai, 1 minggu kemudian kita baru mendapat balasan, perlu waktu 2 minggu hanya untuk berkomunikasi. Waktu yang sangat lama hanya untuk komunikasi, untuk sekarang kita bisa berkirim surat memakai e-mail.
Jika zaman dulu terkena dengan istilah ”Sahabat Pena”, maka sekarang adalah ”Teman Chatting”. Yaah .... sekarang sudah banyak tersedia jejaring-jejaring sosial seperti facebook, YM, Twitter, Yahoo Koprol, dll. Tidak perlu lagi sahabat pena yang perlu waktu 2 minggu untuk saling berbalas, chatting bisa dilakkan dalam hitungan detik.
3.    Sebagai tempat promosi barang dagangan
Untuk mempromosikan barang, kita tidak perlu lagi repot-repot terjun ke lapangan dan menawarkan kepada satu per satu orang, karena kita hanya perlu mempromosikannya saja lewat internet dan memasang iklan disepanjang jalan.
4.    Memudahkan dalam bidang percetakan
Dengan berkembangnya teknologi, maka kita tidak perlu bingung bagaimana cara mencetak buku dengan cepat, rapi, bagus, dan banyak. Karena sudah banyak tersedia mesin-mesin cetak yang canggih.
5.    Memudahkan dalam bidang kesehatan
Dengan adanya mesin-mesin canggih dalam bidang kesehatan sangat mempermudah bagi dokter maupun perawat dalam memonitor kesehatan pasien seperti memonitor detak jantung lewat komputer, memonitor aliran darah, memeriksa organ dalam pasien, dll
6.    Membantu dalam petunjuk arah
Jika zaman kerajaan majapahit dulu petunjuk arah menggunakan keberadaan matahari, lalu berkembang dengan adanya kompas, tapi untuk zaman sekarang kita bisa pergi kemanapun kita mau tanpa perlu takut kesasar, karena sudah ada teknologi GPS, sebagai petunjuk dimana keberadaan kita sekarang.
7.    Mengurangi tenaga pengangguran
Yang membuat Indonesia banyak pengangguran bukan hanya karena SDM nya yang kurang terampil, tapi karena mereka tidak punya jiwa berwirausaha. Banyak orang-orang yang membuka usaha secara online dengan modal yang sedikit bisa lewat facebook, twitter, ataupun membuat website.
8.    Memudahkan dalam hal pembayaran
Pembayaran rekening listrik, rekening telepon, dan pembayaran yang lainnya tidak perlu lagi repot-repot menuju loket pembayaran, kita bisa melakukannya dengan sms banking ataupun pembayaran secara online.